Cara Mengatasi Murai Batu Over Birahi

perawatan serta cara ampuh mengatasi burung murai batu yang over birahi

selamat datang para kicau mania seluruh nusantara! 

kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan yang di alami pada burung murai batu yaitu murai yang over birahi.
Burung yang birahi memang sudah terjadi dengan alami maka dari itu cara pengobatan atau penghilangan over birahi tadi akan melalui proses yang alami pula.

Mungkin banyak dari kawan-kawan semua yang masih belum tau lebih banyak mengenai cara penstabilan birahi pada burung khusus nya burung murai batu.
Ada beberapa cara yang akan saya bagi dengan kawan semua yang cara ini saya ambil dari pengalaman saya pribadi.

cara ampuh mengatasi over birahi pada murai batu

langsung saja, dalam penanganan over birahi pada burung murai batu tentunya akan memakan waktu yang cukup lama kurang lebih 1 bulan, maka dari itu kawan-kawan semua harus memiliki rasa kesabaran dan kekonsistenan yang tinggi dalam merawat burung,berikut beberapa cara penanganan burung murai yang mengalami over birahi:



1.DENGAN MENGGUNAKAN ULAT BUMBUNG.

Pemberian ulat bumbung bagi burung murai batu yang over birahi sendiri akan membuat birahi yang tadinya tinggi akan berangsur-angsur merendah karna kadar atau vitamin dan protein pada ulat bumbung itu tadi,cara pemberian ulat bumbung bisa 1 hari 2-3 ekor ulat bumbung,pemberian di stop apabila burung sudah dinyatakan birahinya stabil.

2.PENGURANGAN PORSI PEMBERIAN JANGKRIK.

Pada pemberian jangkrik ke burung murai batu yang birahi lebih baik jika porsi nya di kurangi,misal yang tadinya diberi jangkrik 5 ekor maka dikurangi menjadi 1 - 2 ekor,porsi akan dikembalikan ke angka 5 jika birahi pada burung sudah stabil.

3.PEMBERIAN CACING TANAH.

Cacing tanah adalah salah satu cara untuk mengatasi burung murai saya yang over birahi dan cara ini termasuk salah satu cara yang manjur sesuai pengalaman saya,pemberian yang saya kasih pada burung yaitu 1 hari 1 ekor cacing tanah,pemberian ini saya stop pada saat burung sudah tidak over birahi.





perawatan burung murai batu selama masa over birahi


4.PERAWATAN HARIAN SELAMA BURUNG OVER BIRAHI.

Pada proses over birahi, burung cenderung lebih gelisah dari biasanya terlebih jika di lihatkan dengan burung sejenis tentu burung akan menggembungkan badanya dan menabrak ruji, bahkan tidak bunyi dan sesekali ngeriwik saja.
Rawatan yang saya jalani pada proses over birahi yaitu:
-mandikan burung lebih sering dari biasanya,hal ini akan meredam birahi burung.
-jemur saya kasih selama 1 sampai 2 jam saja.
-krodong hanya malam.
-kroto saya stop.



demikian artikel dan pembahasan dari saya,pesan saya adalah jika burung dirawat secara sabar dan telaten serta konsisten maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan pula,tiada usaha yang akan menghianati hasil.

itu saja dari saya kurang lebih nya saya mohon maaf,silahkan jika ingin bertanya untuk berkomentar dengan catatan harus memakai kata-kata yang sopan.
untuk yang tidak ingin ketinggalan dengan artikel saya silahkan berlangganan,
Terimakasih,salam kicau mania!

4 comments

  1. Tanpa ribet dan langsung bisa di masterkan pada burung kesayangan murai batu kalian.

    blog masteran murai batu

    ReplyDelete
  2. Om burung mb sy suka cabutin bulu sayap padahal msh muda alias br beres bulu trotol, apakah sama perawatannya om ? Terima kasih banyak ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo om, burung yang suka cabutin bulu bisa karena beberapa faktor om, bisa karena kutu atau karena memang masa rontok burung tersebut, jika ada seperti tanda tanda bahwa burung birahi maka bisa dicoba birahinya diredam terlebih dahulu dengan melakukan cara-cara yang sudah saya tulis diatas, jika dilihat memang karena kutu, coba silahkan mandikan burung dengan menggunakan obat kutu yang bisa dibeli di toko burung terdekat, dan jika memang masanya rontok silahkan krodong full burung sambil dimasterin dengan suara burung lain dengan volume kecil(samar-samar), semoga burungnya lekas pulih om, terimakasih sudah berkunjung:)

      Delete


EmoticonEmoticon