Perawatan lovebird muda agar ngekek panjang dan juara

perawatan lovebird harian dan lomba agar ngekek panjang dan juara

selamat datang para kicau mania khusus nya lovebird lover's seluruh dunia!

kali ini saya akan membahas tentang salah satu faktor terpenting dalam dunia lovebird yaitu rawatan harian serta untuk rawatan lomba,jika kawan-kawan semua ingin sekali mempunyai lovebird yang juara dan bisa membanggakan pemiliknya tentu bisa bahkan dengan lovebird pasar atau biasa disebut dengan lovebird ombyokan pun juga bisa membuatnya agar menjuarai event-event perlombaan tentunya dengan rawatan yang bisa membuat burung nyaman dan dengan tidak memakai rawatan yang menyiksa burung tersebut.

Perawatan lovebird muda agar ngekek panjang dan juara

Langsung saja saya akan memberi tahu beberapa tahapan-tahapan mulai dari memilih lovebird sampai cara merawat dan settingan harian serta lombanya.
ada beberapa tahapan-tahapan untuk bisa membuat lovebird muda menjadi ngekek panjang dan juara,yaitu;

Tips pemilihan lovebird bahan atau lovebird ombyokan yang tepat

nah,salah satu faktor untuk bisa mencetak lovebird yang sempurna yang pertama tentu dalam memilih lovebird yang ingin kita rawat, ada beberapa kriteria yang dapat menjadi patokan untuk membeli lovebird muda atau ombyokan yang bagus,salah satunya;

1.postur tubuh/bentuk tubuh

Postur tubuh menjadi pilihan pertama yang akan saya bahas,pilih lah lovebird dengan postur tubuh yang cukup besar karna lovebird yang mempunyai badan yang besar akan lebih mudah membuat nya menjadi ngekek panjang dan kekebalan serta mental nya tentu akan sangat kuat,berbeda dengan lovebird dengan postur badan yang kecil kebanyakan lovebird dengan postur badan yang kecil mempunyai suatu kekurangan yaitu bisa mental lemah.
untuk bagian kepala kita memilih dengan bentuk kepala yang cukup besar dan paruh yang kokoh serta tidak ada kelainan,untuk masalah jenis kelamin banyak orang yang merawat dan menjadikan lovebird betina sebagai burung yang dipakai diperlombaan tapi tak jarang ada pula orang yang memakai lovebird jantan sebagai gacoannya dan tak jarang pula ia bisa menyabet predikat sebagai juara,tergantung rawatan saja,jika kita sabar dan tekun,biar lovebird kita jantaj atau betina insyaAllah akan membuat bangga pemilik nya,tapi disini saya merekomendasikan untuk memilih lovebird betina.


pemilihan lovebird yang akan kita rawat dengan melihat tingkah laku nya

2.tingkah laku lovebird

bagian ini juga termasuk penting mengingat lovebird adalah tipikal burung yang cenderung lebih suka banyak bermain,karan itu dengan cara melihat tingkah laku lovebird tersebut akan memudahkan kita dalam mengenali karakter nya.
dalam membeli lovebird cobalah memilih lovebird dengan tingkah laku yang aktif bergerak dan ngekek serta yang makan rakus karna itu semua menandakan burung dalam kondisi yang sehat,jangan pilih lovebird yang tidak aktif bergerak atau ada kelainan pada bagian tubuh misalnya kaki karna tidak menutup kemungkinan kedepannya lovebird akan sehat selalu.

memilih lovebird dengan cara melihat umur lovebird

3.umur lovebird yang akan dibeli

umur adalah salah satu tahapan yang sangat penting sebab dengan umur yang ideal tentu akan lebih mudah untuk melatih nya lagi sampai bisa ngekek panjang serta juara.
saran saya,cobalah meminta tolong kepada penjual jika kawan-kawan ada kesulitan dalam mengukur umur lovebird setiap penjual yang baik dan jujur tentu akan memberitahu umur lovebird yang dijualnya,saya merekomendasikan kepada kawan semua untuk memilih lovebird yang usia 2-6 bulan usia ini masih kemungkinan besar burung akan lebih mudah untuk dilatih,jangan lah membeli lovebird yang sudah terlalu tua karna akan sangat sulit lovebird dilatih oleh kita sendiri.

perawatan lovebird muda harian agar ngekek panjang dan juara

perawatan lovebird agar ngekek panjang

1.rawatan harian

mulailah dengan mengembunkan burung sehabis sholat shubuh sampai matahari pagi terlihat sudah melihatkan cahayanya.
kemudian mandikan lovebird bisa dengan semprot halus,siapkan cepuk(cari lah yang membuat lovebird nyaman) lalu angin-anginkan sampai setengah kering tujuannya agar bulu burung tidak pecah dan rusak,lalu jemur dengan durasi jemur yang bervariasi antara 30 menit-1jam-2jam-3jam
usahakan jemur tidak lebih dari jam 10 pagi, jika memang tidak bisa menjemur pagi bisa juga menjemurnya pada sore hari sekitar jam 4 atau setelah sholat ashar.
setelah menjemur lovebird angin-anginkan kembali sampai menjelang maghrib lalu kerodong.
EF bisa di berikan seminggu sekali untuk menjaga stamina.

untuk mendongkrak durasi ngekek lovebird bisa dengan cara diumbar dengan umbaran 3-4 meter minimal 100 kali bulak-balik ,saya saran jangan lakukan renangkan lovebird dalam ember karna lovebird tercipta untuk terbang bukanlah berenang hehe,lakukan umbar selama 2 hari sekali ,jika ingin lomba istirahat 3 hari sebelum lomba.


perawatan lovebird agar juara

2.rawatan lomba

hari H-3 lovebird dirawat dengan rawatan seperti biasa bedanya ditambahkan jagung muda
H-2rawatan harian sama seperti H-3.
H-1 pemberian pakan racikan, shubuh embunkan lalu angin-anginkan dan mandikan tunggu sebentar lalu jemur selama 30 menit, setelah itu angin-anginkan lagi selama 10 menit lalu krodong sambil waktu pemasteran.
hari H rawatan seperti biasa bedanya hanya jemur selama 10 menit, angin-anginkan tunggu lovebird ngekek panjang baru krodong,berikan kangkung 2 jam sebelum pertandikan ,cukup 1 batang seukuran jari telunjuk.
dilapangan bukalah krodong setengah untuk masa pengenalan tunggu ngekek sampai 1-2 kali lalu krodong.


rawatan diatas sudah saya gunakan pada lovebird saya dan hasilnya cukup memuaskan,jika tidak cocok pada lovebird anda berarti anda harus merubah di setingan harian dan lomba di atas,
jika cocok Alhamdulillah karna yang kita tau karakter lovebird sendiri berbeda-beda,lakukan rawatan diatas dengan sabar,konsisten dan tidak banyak mengeluh karna usaha tiada menghianati hasil hehe.
jika bermanfaat saya persilahkan untuk membagikan artikel ini agar membuat orang lain terbantu,silahkan menunggu artikel dari saya selanjutnya tentu yang tidak kalah menarik.

penutup

rawat lovebird sebagaimana anda merawat seorang anak karna lovebird pun tahu sendiri mana majikan yang benar-benar menyayangi nya,sabar adalah kunci kesuksesan dalam merawat lovebird.
sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua.
semoga dengan membaca dan menerapkan isi dari artikel ini kawan-kawan semua dapat mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.
Terimakasih.

0 Comments

Post a Comment