Cara Mengatasi Lovebird Bunyi Sambil Menempel di Ruji atau Turun ke Dasar Sangkar Pada Saat di Lombakan

Tips jitu dan ampuh mengatasi lovebird gigit jeruji dan nebok / turun ke dasar sangkar

Selamat datang kepada para pecinta lovebird seluruh dunia.

Kali ini saya akan membahas mengenai cara ampuh untuk mengatasi lovebird menempel di ruji dan turun kedasar sangkar pada saat di lombakan.

Pasti diantara kawan-kawan semua ada yang hampir putus asa untuk mengatasi lovebird yang ngekek sambil menempel diruji dan turun ke dasar sangkar,tapi tenang saja semua pasti ada jalan keluarnya untuk mengatasi permasalahan seperti ini,tinggal membutuhkan kesabaran dan ketekunan,yaitu harus sabar dalam merawat nya dan tekun dalam menjalankan beberapa terapi dari saya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak ada yang tidak mungkin, yang penting sabar,konsisten, dan terus mencoba agar lovebird nyaman dan tidak menempel di ruji dan turun kedasar sangkar lagi.
Berikut adalah beberapa cara yang ampuh agar menghilangkan kebiasaan ngekek sambil menempel di ruji  dan turun kedasar sangkar :

CARA AGAR LOVEBIRD TIDAK NGEKEK SAMBIL MENEMPEL DI RUJI


Nah, yang paling buat kepala pusing ya termasuk lovebird ngekek sambil menempel di ruji, durasi ngekek panjang tapi sambil ngeruji ya percuma hehe pada terapi ini sangat membutuhkan kesabaran dari kawan-kawan semua dan harus rutin dalam menjalankannya.
mari kita coba dengan cara pertama yaitu dengan:
A.perbanyak mandi.
dengan memperbanyak mandi tentu akan menstabilkan birahi serta emosi pada burung agar burung dapat nyaman pada tangkringan sehingga jika di dekatkan dengan lovebird lainnya burung akan bunyi secara tenang di atas tangkringan.

B.Memberi lakban bening di sekeliling sangkar bagian atas 1 baris saja.
pemberian lakban bening di sekeliling sangkar akan menimbulkan efek jera pada burung, karna pada saat ia menempel diruji tentu ada bagian yang mengenai lakban tersebut entah itu kaki atau pun paruh dan ini akan membuat burung tidak nyaman sehingga ia tidak akan menempel di ruji lagi.

C.kasih plafon di bagian dalam atas sangkar.
tujuannya adalah untuk menahan gerak burung agar tidak bisa beraktivitas di ruji bagian dalam atas sangkar dan terapi dengan menggunakan plafon sangkar ini akan merubah kebiasaan burung yang tadinya sering bermain di ruji atas menjadi tetap di tangkringan dengan nyaman dan pemakaian plafon ini bisa selama 2 minggu sampai 1 bulan atau jika plafon tidak dilepas  pun juga tidak apa-apa.

D.mengganti kayu tangkringan.
Kayu tangkringan pada burung juga sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan burung,ada beberapa bahan kayu tangkringan yang dapat di coba untuk digunakan pada sangkar burung,yaitu dengan kayu jati amplas,tangkringan pasir, kayu oval,dankayu asam.

CARA MENGATASI LOVEBIRD YANG NEBOK/ TURUN KE DASAR SANGKAR


ini juga menjadi salah satu faktor penyebab burung kerja secara tidak maksimal di gantangan,terlebih jika sebelum di gantang telah di temukan dengan burung sejenis ia akan anteng di tangkringan dan tidak turun kedasar sangkar tetapi jika di gantangkan di tempat perlombaan burung akan turun ke dasar sangkar tentunya ini menambah pikiran kita tentang bagaimana cara supaya bunyi di tangkringan pada saat lomba, ada beberapa faktor yang mempengaruhi burung turun kedasar sangkar,yaitu:

Mental tidak ada pada lovebird

bisa jadi burung turun ke dasar sangkar karna belum mempunyai mental yang kuat dan berani, solusinya adalah dengan:
-mandi malam
seperti diatas tujuan mandi malam adalah menstabilkan birahi pada burung.
-mandi dengan cara di pegang dan air diusap secara pelan-pelan ke seluruh tubuh lovebird.
-melakukan penjemuran di bawah (jangan digantung)taruh di dekat orang banyak lewat tujuannya adalah untuk melatih mental ketika di tempat ramai agar burung dapat tau keadaan dan aktivitas disekelilingnya sehingga tidak kaget saat dibawa ketempat perlombaan yang ramai sekali orang-orang disana.
-mengganti tangkringan yang nyaman buat si burung tujuannya adalah supaya burung anteng dan tidak gelisah pada saat di gantangan,ada beberapa pilihan kayu tangkringan buat burung: kayu jati amplas,tangkringan pasir,kayu oval,dan kayu asam, silahkan dilihat bagaimana perbedaan aktivitas burung pada tangkringan masing-masing , jika burung bunyi nyaman ditangkringan dan tidak loncat-loncat berarti burung sudah dapat dipastikan sudah nyaman dan suka dengan tangkringan tersebut.

jadi,kesimpulan pada artikel kali ini adalah kita harus membuat burung nyaman dan merasa aman pada lingkungan di sekelilingnya serta aksesoris yang berada didalam sangkar seperti tangkringan menjadi salah satu faktor terpenting untuk membuat burung nyaman pada sangkarnya

sekian dari artikel saya, yang paling penting dalam merawat lovebird adalah kesabaran dan ketekunan, jika lovebird sudah merasa nyaman dan aman dengan keadaan di sekeliling nya, insyaAllah tentunya lovebird akan tertawa lepas tanpa beban hehe.
jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, semoga gacoan anda bisa membuat anda 
sebagai majikan bangga,Aamiin

Terimakasih.

0 Comments

Post a Comment