Cara Mudah Membedakan Lovebird Yang Over Birahi,Birahi Stabil,dan Kurang Birahi

cara mudah membedakan lovebird yang over birahi,birahi stabil,dan kurang birahi

Selamat datang para kicau mania seluruh dunia!

Pada kali ini artikel yang saya buat khusus untuk para lovebird lovers, karna banyak sekali pertanyaan yang masuk melalui email saya dan saya putus kan untuk membuat artikel ini terlebih dahulu.

Kali ini saya akan membahas perbedaan Lovebird Over Birahi(OB),Birahi Stabil,dan Kurang Birahi.
Dalam melombakan lovebird,kita hanya mengatur tingkat birahi pada lovebird dan membuat burung nyaman jika bertengger pada tangkringan yang sudah kita sediakan di sangkar.
Banyak para pemilik burung yang masih bingung akan hal perbedaan ini,memang sangat sedikit sulit dalam membedakan diantara ketiganya.


Maka dari itu saya akan memberi tahu beberapa cara membedakannya sesuai pengalaman saya.
Ada beberapa cara membedakan,yaitu:

1.Lovebird Over Birahi.

Burung yang mengalami over birahi cenderung lebih gelisah apabila mendengar burung sejenis nya,ia akan berprilaku gelabakan,menempel diruji dan turun kedasar sangkar,akibatnya burung menjadi malas berdiam ditangkringan dan terus menerus mencari sumber suara burung sejenisnya tadi.
perilaku ini yang menjadikan para pemilik burung bingung dengan bagaimana cara agar burung ngekek/bunyi sambil ditangkringan.


2.Lovebird Birahi Stabil

sedangkan bila birahi burung stabil dapat kita lihat dari aktivitas burung tersebut dan prilakunya contohnya: jika burung mendengar suara burung sejenis dia akan anteng ditangkringan sambil menembaki burung tersebut secara terus menerus,bila kelakuan burung anda di rumah berprilaku seperti ini dapat di simpulkan bahwa burung anda termasuk dalam burung yang birahinya stabil.



3.Lovebird Kurang Birahi.

jika permasalahan over birahi banyak membuat para kawan pusing,tentu kurang birahi juga tak kalah menjadikan pikiran kita pusing hehe.
Burung yang kurang birahi bisa dilihat dari cara dia di trey/ ditemukan dengan burung sejenis,apabila ia cenderung lebih banyak diam dan ngetik saja bisa di simpulkan bahwa burung tersebut kurang birahi,solusinya sendiri bisa kita coba cara menaikkan birahi pada burung tersebut dengan cara pemberian makanan ekstra fooding (ef) seperti kangkung,kecambah,dan jagung.
Kita coba satu persatu dan kita lihat mana yang lebih disukai oleh burung tersebut.

kesimpulan kali ini adalah burung yang over birahi cenderung akan lebih agresif dan gelabakan jika mendengar suara dari burung sejenis nya,
Sedangkan birahi stabil dapat ditandai dengan perilaku burung yang jika mendengar / di temukan oleh burung sejenis pasti ia akan anteng dan nyaman di tangkringan serta menembaki burung tersebut,
dan yang terakhir adalah kurang birahi,kurang birahi pada burung dapat dilihat dari tingkah laku jika burung di temukan dengan burung sejenisnya apabila ia cenderung lebih banyak diam dan cuman ngetik tentu bisa disimpulkan bahwa burung tersebut kurang birahi.

pesan saya kali ini, tetap rawat burung secara sabar dan konsisten,burung akan mengerti dan ikut apa kata pemiliknya jika burung sudah nyaman dengan cara pemilik memperlakukan burung itu sendiri.

sekian dari saya jika ada kesalahan atau kurang dimengerti saya mohon maaf,silahkan menanti untuk artikel selanjutnya dari saya,
Terimakasih.

0 Comments

Post a Comment