Tips Mengatasi Induk Lovebird Yang Tidak Mau Kawin

Tips Mengatasi Induk Lovebird Yang Tidak Mau Kawin - Buat beberapa peternak lovebird memiliki indukan lovebird yang tidak kunjung ingin kawin ialah masalah yang membuat kepala pusing. Karena perkawinan lovebird berikut yang sangat dinanti-nantikan supaya indukan lovebird betina selekasnya bertelur. Jika telah bertelur ditambah lagi telah menetas bermakna harapan selekasnya memperoleh penghasilan banyak telah dimuka mata.. hehehe… berikut harapan yang sangat ditunggu oleh peternak lovebird.

Masalahnya ialah saat peternak akan mengawinkan atau menjodohkan lovebird di kandang yang sifatnya baterai yakni kandang yang cuma di isi oleh sepasang indukan lovebird. Perihal ini dikerjakan sebab pemilik lovebird inginkan miliki keturunan yang unggul serta berkualitas hingga ingin mengawinkan lovebird jantan serta betina yang telah memiliki reputasi juara. Harus saat kita ingin menjodohkan lovebird warna A dengan lovebird warna B untuk membuahkan variasi warna yang berlainan serta cantik jadi yang dikerjakan ialah tempatkan sepasang lovebird itu dikandang baterai bukan kandang koloni.




Peluang yang berlangsung ialah lovebird jantan telah mengawini betinanya akan tetapi telur yang dibuat tidak kunjung menetas atau infertile (gabuk), serta peluang yang lainnya ke-2 pasangan lovebird ini telah terlihat berjodoh tapi tidak ada proses perkawinan dari sana.

Beternak lovebird jadi kesempatan usaha yang cukuplah menjanjikan, baik lovebird nada ataupun lovebird warna. Tetapi beternak lovebird tidak segampang yang dipikirkan beberapa orang. Banyak masalah yang muncul, diantaranya induk yang yang tidak kawin- kawin. Menjadi tips, di bawah ini langkah menangani induk lovebird yang tidak kunjung kawin.

Sebetulnya lovebird termasuk juga salah satunya komoditas burung yang relatif gampang dikembangbiakkan. Bahkan juga kita dapat manfaatkan kandang koloni / aviary, dengan tempatkan beberapa ekor burung jantan serta betina, diperlengkapi dengan beberapa gelodok.
Selama lovebird-lovebird itu telah masuk umur produksi / siap kawin (minimum usia 7-8 bulan), mereka akan mencari pasangan sama dengan hasrat semasing. Demikian temukan jodohnya, pasangan lovebird akan tempati gelodok yang dipilihnya sendiri.

Masalah jadi lainnya saat lovebird jantan serta betina dijodohkan lewat pertolongan manusia (pemilik / perawat) serta diletakkan dalam kandang baterai. Kandang kotak spesial breeding ini umumnya cuma di isi sepasang induk.

Diperlukan perjuangan lebih keras untuk menjodohkan lovebird dengan menyengaja, contohnya ingin memperoleh anakan lovebird jantan A yang sempat memenangkan lomba serta lovebird betina B yang sempat memenangkan lomba.




Pada masalah lainnya, beberapa peternak seringkali menyengaja menjodohkan lovebird jantan warna A serta lovebird betina warna B untuk mendapatkan mutasi warna yang berlainan dari ke-2 induknya. Harus, kita mesti menjodohkannya di kandang baterai.
Pasangan induk yang nampaknya telah berjodoh di kandang baterai belumlah pasti dapat membuahkan, dalam makna induk betina bertelur, akan tetapi tidak sempat menetas.

Bahkan juga masalah semacam ini dapat juga didapati pada kandang koloni, dimana burung jantan serta betina berjodoh dengan alami. Walau telah berjodoh, serta saling sering ada di gelodok, nyatanya telur yang dierami tidak sempat menetas.

Apakah berarti? Ada dua peluang yang berlangsung, yaitu:


• Lovebird jantan telah mengawini betinanya, akan tetapi semua telur yang dihasilkannya berbentuk infertil (gabuk / tidak ada discus germinalis alias akan calon embrio).

• Lovebird jantan serta betina tidak kunjung kawin, walau telah berjodoh.

Bila induk lovebird tidak kunjung kawin, ada faktor-faktor pemicu, diantaranya:

• Pasangan itu belumlah betul-betul berjodoh. Walau tampak tetap bersisihan, sebetulnya lovebird jantan serta betina belumlah akur seutuhnya. Umumnya, diantaranya berbentuk sangat agresif (dapat burung jantan, akan tetapi juga bisa burung betina).

• Burung jantan jarang atau tidak sempat memberikan / melolohkan pakan pada betinanya. Seperti didapati, proses kawin lovebird umumnya diawali sesudah burung jantan meloloh betinanya. Sesudah ritual itu, perkawinan dapat berlangsung seringkali dalam satu hari.

• Lovebird betina rajin membereskan sarang, tetapi tetap dirusak oleh burung jantan.

• Pasangan lovebird, atau juga bisa salah satunya calon induk, belumlah sampai usia dewasa kelamin hingga tidak ingin mengawini atau dikawini.

• Salah satu calon induk tidak sangat mungkin kawin, contohnya sakit, kurang birahi, atau mempunyai cacat badan.

• Pasangan lovebird itu mempunyai type kelamin yang sama, hingga tidak sempat bertelur (jantan versus jantan), atau telur tidak sempat menetas (betina versus betina). Perlu untuk diketahui, pasangan lovebird sama-sama type terkadang tampak begitu akur, sama-sama meloloh, bahkan juga berperilaku seperti pasangan normal.

Ara menangani induk lovebird yang tidak kunjung kawin


Sesudah temukan akar masalahnya, Anda dapat lakukan beberapa aksi supaya induk lovebird ingin kawin atau dikawini. Lihat banyak hal di bawah ini:

• Pastikan calon induk cukup sudah usia. Walau lovebird usia 7-8 bulan bisa kawin, pilihkan calon induk dengan usia minimum 9 bulan, supaya semua organ reproduksinya telah berkembang prima.

• Berikan pakan dengan beragam serta bergizi seperti milet, kuaci, canary seed, gabah merah, dan lain-lain.

• Berikan pakan penambahan / extra fooding (EF) untuk merangsang birahi induk, contohnya kangkung, jagung muda, serta potongan buah apel yang dikasihkan 2 – 3 kali satu minggu.

• Berikan suplemen spesial burung penangkaran, contohnya BirdMature yang dapat menolong proses penjodohan serta tingkatkan birahi burung induksehingga dapat bertambah cepat kawin serta bertelur. BirdMature adalah gabungan multivitamin serta multimineral, diperlengkapi suplemen lainnya yang dapat tingkatkan kesuburan / fertilitas calon induk.

• Jika memakai kandang baterai, semestinya gelodok janganlah dimasukkan dahulu ke kandang sebelum pasangan lovebird betul-betul berjodoh, Gelodok baru dimasukkan ke kandang sesudah lovebird jantan serta betina sama-sama meloloh, hingga akan merangsang pasangan loveburd untuk selekasnya kawin serta bertelur dalam tempat yang telah disiapkan.

• Bersihkan kandang dengan teratur sehari-hari. Kandang yang kotor akan jadi tempat mengembangnya parasit serta agen penyakit lainnya, hingga mengganggu pasangan induk.

• Merangsang induk lovebird supaya cepat kawin serta bertelur dapat juga dikerjakan dengan menempatkan kandang ternaknya bersisihan dengan kandang lainnya yang berisi induk lovebird yang lain yang telah kawin serta bertelur.

Itu cara-cara menangani induk lovebird yang tidak kunjung kawin. Selamat mengaplikasikan!

0 Comments

Post a Comment