Cara Beternak Lovebird Yang Baik dan Benar

Cara beternak lovebird yang baik dan benar

   Selamat datang kembali kawan-kawan para kicau mania seluruh dunia!

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara beternak lovebird yang baik dan benar ,banyak dari kawan semua yang mengeluh pada proses nya baik itu pemilihan indukan yang baik,penjodohan,dan proses menunggu lovebird bertelur.

Nah,dari sekian banyak pengalaman-pengalaman yang saya dapatkan dan saya kumpulkan saya akan simpulkan sedemikian rupa agar sobat semua bisa mempelajari secara mudah tentang cara beternak lovebird yang benar.

Langsung saja pada langkah pertama yang harus di perhatikan untuk memulai berternak lovebird adalah dengan pemilihan indukan yang baik, dengan pemilihan indukan yang baik tentu akan berdampak positif terhadap keturunan nya.
Berikut langkah-langkah dalam berternak lovebird:


1. Pemilihan indukan yang tepat.

nah,yang pertama adalah pemilihan indukkan,dengan memilih indukan yang tepat tentunya dapat berimbas baik bagi generasi yang akan dihasilkan oleh indukkan tersebut.
Ada beberapa yang perlu diperhatikan pada saat memilih indukan,yaitu:

A.kondisi kesehatan dan kualitas dari indukan

Sebelum meminang si calon indukkan tadi tentu kita harus perhatikan kondisi kesehatan dari lovebird tersebut,jika kita salah sedikit saja memilih sang indukkan maka bukan tidak mungkin hal-hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi dikemudian hari.
Kondisi kesehatan di sini harus diperhatikan secara serius, karna itulah yang akan menentukan indukan untuk kedepannya dan  generasi yang dihasilkan dari indukkan untuk ke depan, dengan pemilihan indukan yang tepat tentu akan berpeluang lebih besar untuk menciptakan atau mendapatkan hasil anakan yang luar biasa hehee.



Jika diantara kawan semua ingin mencoba mencari anakan yang berkualitas, bisa dengan mencoba memilih indukan yang mempunyai materi ngekek panjang atau yang dulu pernah juara insyaAllah dengan indukan yang mempunyai kualitas baik akan turun ke anaknya pula.
berikut hal-hal yang mungkin bisa membantu menilai apa indukan tersebut baik atau tidak untuk di ternak:
-Aktif bergerak
-Banyak makan
-Sering ngekek
-Tidak gelabakan

nah kawan-kawan, dari poin-poin diatas bisa menjadi tolak ukur kawan semua untuk membeli sang indukkan yang akan di ternak. 

2.faktor lingkungan

A. Kondisi keadaan sekitar kandang 

Selanjutnya adalah kondisi lingkungan disekitar kandang ternak,Keadaan sekitaran kandang mempunyai pengaruh cukup besar untuk menghasilkan anakan yang sempurna tanpa hambatan.
Pilihlah lokasi yang jauh dari suara atau aktivitas orang yang lalu lalang atau berisik,karna bisa menggangu proses kawin dan pengeraman pada burung, semakin tenang dan nyaman seekor burung pada proses pengeraman maka akan semakin kecil pula resiko burung stres yang tidak mau mengerami bahkan memecah telurnya sendiri.
berikut poin-poin yang saya kutip untuk menjadi tolak ukur bagi kawan-kawan semua,yaitu:
-jangan taruh di lokasi yang sering terdapat aktivitas manusia
-carilah lokasi yang aman bagi burung agar burung tidak merasa terancam
-carilah loksai yang jauh dari pemangsa burung
-perhatikanlah daerah sekitar kandang jangan sampai semut merah naik ke kandang.

itulah beberapa poin yang mungkin bisa dijadikan sebagai penilai tempat dan lingkungan yang akan dijadikan sebagai lokasi ternak lovebird.


3.proses penjodohan

Dalam proses penjodohan ini kita harus membutuhkan waktu yang sangat lama,tidak mudah menjodohkan burung yang satu ini,karna yang kita tau burung lovebird adalah tipe burung yang setia konon sangking setianya nihh jika salah satu diantarannya ada yang mati maka pasanggannya tidak akan kawin lagi sampai dia benar-benar sudah lupa akan sang kekasih nya wihhh setia banget yaa hehe,apalagi burung ini tidak memiliki karakter yang sama satu sama lain sangat susah memang untuk menyatukan 2 hati ini hihii maka dari itu proses penjodohan sang indukkan cukup terbilang lama.
Pertama tama lakukan pendekatan terlebih dahulu jika ada kandang ternak yang mempunyai sekat berbentuk jaring atau kotak silahkan pakai jika tidak ada coba pakai kandang kapsul 2 buah, taruhlah burung dikandang kapsul masing-masing setelah itu silahkan didekatkan kandang nya, jika ia berjauh jauhan tidak apa apa, jika ia bercumbu mesra maka biarkan , tidak lama silahkan jauhkan kembali, nanti diulangi lagi, jika kembali mesra mesaraan silahkan dicoba untuk disatukan di kandang ternak,tetap dalam pengawasan kawan-kawan semua karna kita akan lihat jika keduanya saling menyakiti maka segera untuk di pisah dan mulai lagi dari awal yaitu proses pendekatan tadi, sebaliknya jika terlihat bercumbu mesra maka sudah dapat dipastikan proses penjodohan berhasil,selamat! hehe..

4.proses menunggu telur menetas sampai proses meloloh anakan.

cara meloloh anakan lovebird dan menunggu telur hingga menetas.

Nahh,yang terakhir adalah proses menunggu telur hingga menetas, biasanya telur akan menetas kurang lebih 21-23 hari.
Jika selama itu belum menetas bisa dipastikan telur tersebut belum terisi, jika sudah terdengar suara piyik lovebird silahkan anda lihat dan pastikan itu memang suara dari anakan lovebird bukan dari tikus yang lagi makan besar hehe..jika benar suara anakan lovebird SELAMAT! Anda telah berhasil berternak lovebird hehe.. selanjutnya seterah dengan anda mau meloloh sendiri anakan nya atau biar diloloh indukannya.
Saya sarankan untuk biar diloloh indukannya karna liur dari seorang indukan masih ada pengaruh pada pertumbuhan bagi seekor anak lovebird, tapi jika anda ingin menjinakkan nya silahkan anda meloloh anakan tersebut dengan alat loloh lovebird.

Mungkin sekian saja artikel dari saya,jika ada yang keliru dalam penulisan saya mohon maaf,dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan jangan malu-malu untuk bertanya serta saya membutuhkan kritik dan saran dari temen semua agar dapat menulis artikel yang lebih baik lagi untuk kedepan nya.
Silahkan share jika bermanfaat dan silahkan menunggu untuk artikel selanjutnya dari saya,
Sekian dan terimakasih.
Sampai jumpa!

2 comments

  1. Love bird kalo pasangannya mati dia , ngga mau kawin lagi sama yg lain yah bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo om, seperti yang kita tau lovebird adalah burung yang cukup setia sama pasangannya, namun jika salah satu pasangannya mati maka lovebird bisa akan tertarik dengan burung lovebird lainnya, namun, butuh waktu yang gak sebentar untuk menyatukan keduannya, jadi coba sering didekatkan saja, misal waktu gantung di teras agak diberi jarak 1-3 meter yang penting ia bisa saling melihat semakin berjalannya waktu semakin dekatkan kedua kandang nya om, mungkin dengan itu proses penjodohan akan berhasil, semoga sukses om

      Delete


EmoticonEmoticon